Senin, 24 Oktober 2016

BBW Surabaya 24 Jam non-stop, Hati-Hati! Jangan Kalap

Dear Bloggies,
 
source: https://twitter.com/bbwbooks_id
Bulan Oktober menjadi bulan yang saya tungu-tunggu, pasalnya pada satu minggu terakhir di bulan ini terdapat perhelatan bazar buku impor murah dari Big Bad Wolf di JX International Surabaya . Saya memang hobi membaca dan sedari dulu hanya bisa ngiler liat buku impor di salah satu toko buku Impor di Surabaya. Harga buku impor yang memang menguras kocek, membuat saya seringkali mengurungkan niat untuk membeli buku di Toko Buku Impor tersebut (mending beli buku novel lokal saja di tokobukumurahonline hehehe..). Satu buku yang pernah saya beli di toko buku impor tersebut adalah "How to Fall in Love-nya Cecelia Ahern", maklum saya suka dengan film-film yang di adaptasi dari karangan Cece.

Rame!
Bazar Big Bad Wolf yang dibuka sejak tanggal 19-31 Oktober 2016 ini menggoda iman saya untuk ikut berburu buku impor murah. Takut dengan cerita keponakan saya di Jakarta tentang bagaimana kalapnya dia belanja buku membuat saya semakin was-was kalau saya akan kalap juga. Dari awal berangkat saya sudah meneguhkan hati kalau budget saya cuman 200 ribu, tidak boleh lebih dari itu, begitu pula dengan kakak saya yang kebetulan book addict! (kita empat bersaudara memang pecinta buku).
Mulai memasuki area JX Internasional Convention, volume kendaraan sudah lumayan padat. Untung saja malam itu (20/10) cuaca kota Surabaya sangat mendukung, super cerah. Kami tidak kesulitan menemukan parkir kendaraan bermotor, namun untuk pengendara roda empat harus butuh usaha ekstra demi menemukan tempat parkir yang pas.

Suasana di dalam JX Internasional. Buku-buku disusun sesuai dengan genre
Kami berdua sudah excited saat mencium aroma buku baru yang sudah tercium di pintu masuk BBW, (hahaha alay...). Kami berdua sempat bingung juga, karena begitu banyak buku yang tersusun rapi sesuai genre. Selera buku yang berbeda membuat kami berpisah menuju area buku favorit masing-masing. Saya ke bagian romance sedangkan kakak saya ke bagian Fantasy-Fiction.
It’s Heaven on Earth bagi saya!! Saya menemukan beberapa novel incaran saya, novel lama memang dan sudah di angkat ke layar lebar, namun saya tertarik untuk membaca buku aslinya karena pasti jalan ceritanya tidak sepenuhnya sama dengan buku. Dalam waktu 10 menit, saya sudah memegang erat tiga buku pilihan saya. Satu buku dibanderol dengan harga 40-80 ribu, sangat murah bukan?! Terlebih buku tersebut asli, bukan bajakan. Memang Big Bad Wolf merupakan perusahaan milik pasangan Malaysia yang terjun ke dunia bisnis buku karena memiliki minat hunting buku murah di USA dan UK. Jadi buku-buku yang dijual di BBW ini merupakan buku-buku sisa yang tidak terjual, atau kelebihan produksi, semacam cuci gudang gitu sehingga harganya bisa turun 50-80% dari harga normal. Sebenarnya ada banyak buku yang ingin saya beli, namun saya harus mengendalikan diri untuk tidak kalap (menabung untuk traveling).
Pernak pernik stationery yang juga dijual di BBW
Bisa dibilang pelayanan di BBW ini lumayan bagus, banyak petugas yang berjaga di setiap area sehingga memudahkan pengunjung untuk bertanya bila ‘tersesat’ di lautan buku. Capek keliling berbelanja buku?di sini disediakan stand makanan dan minuman di lantai dua, tapi buku belanjaanya dititipkan dulu di tempat penitipan buku yah. Saya kebetulan bertemu kakak alumni BEM-ITS di sana, akhirnya kita keasikan ngobrol dan saya kecipratan rejeki mencicipi es coklat Chocoretto dan chicken wings di stand milik mbak Ima di lantai dua. Segarnya es coklat ditemani chicken wing super pedes dan masih hangat cukup mengisi energi saya untuk lanjut berburu buku (Thanks to Mbak Ima...hope to see you again mbak! Maaf harus curcol gajelas disana).
Chocoretto + Swiwi Gemol yang cocok dijadikan pengganjal perut setelah hunting
Saya akhirnya mendapatkan empat buku incaran saya dengan total IDR 240.000 saja!! Masing-masing buku seharga IDR 60.000!. Di toko buku impor yang biasanya saya kunjungi, saya tidak akan bisa mendapatkan empat buku dengan harga semurah itu. Saya akan kembali kesini pastinya! Hanya sekedar untuk membaca buku atau membeli lagi? *eh. BBW ini buka selama 24 jam non-stop lho!! Bagi yang insomnia dan bingung mau ngapain, datang aja ke JX Internasional buat baca buku, nggak dilarang kok.
Empat buku hasil hunting selama dua jam
Saya mau berbagi tips buat kamu yang belum sempat mengunjungi BBW dan berencana kesana:
  • Kalau sempat, buat riset buku-buku impor yang bagus dari Goodreads atau internet.
  • Disini TIDAK menerima debit dari bank lain, hanya bank MANDIRI saja. Di pintu masuk sudah diberikan tanda bahwa pembelian diatas IDR 150.000 wajib menggunakan transaksi non-cash alias pake debit kartu lain. (namun kemarin ada yang masih menerima cash kok)
  • Jangan membawa makanan dan minuman di dalam arena ya, takut merusak buku kalau makanan dan minumannya tidak sengaja tumpah atau tercecer.
  • Pasang niatan untuk mengendalikan diri agar tidak kalap berbelanja disana. Karena memang buku nya bikin mupeng semua!
  • Hindari berkunjung di jam-jam padat, karena buka 24 jam coba saja kesana saat jam 1-2 dini hari atau setelah subuh, dijamin lebih leluasa (hahahha, yaiyalah..jam nya tidur).
  • Selamat berburu buku! Dan Jangan sampai KALAP apalagi sampek habis jutaan (hahahhaa)

Semoga event seperti ini lebih sering diadakan, untuk menularkan 'virus' baca buku ke lebih banyak orang lagi, terutama generasi muda Indonesia. Reading is Sexy tho ^o^! 
Happy hunting Bookworm!!

Bahagia dan capek setelah selesai hunting!
~Bahagia itu sederhana, ketika mencium aroma buku baru yang baru saja terbeli dengan uang tabungan sendiri.~

-xoxo-

5 komentar:

  1. kudu ninggalin satu di markas kalau mau berkunjung #eh wakakakkakakak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya deh ndu, inshaallah ntar aku kasi kado di markas hahahha....

      Hapus
  2. aaaa aku belum sempet review niiih :( mau pamer dapet buku apa aja. hwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....review bukunya juga boleh wek, aku mau kesana lagi :D

      Hapus
  3. aaaa aku belum sempet review niiih :( mau pamer dapet buku apa aja. hwkwk

    BalasHapus