Selasa, 01 November 2016

Impian Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang #3

Dear Bloggies,

Hello November, bulan Oktober 2016 tutup buku dan bab November 2016 akan ditulis. Kali ini saya akan me-review impian jangka menengah saya yang pernah saya posting di sini. Saya yang berencana untuk bisa melakukan solo backpacker ke Lombok dalam jangka waktu 6-18 bulan terhitung sejak bulan April 2015, belum bisa memenuhi target impian menengah yang satu ini. 

Banyak sekali rintangan yang menghadang dalam perjalanan meraih mimpi saya ini, mulai dari finansial hingga masalah hati (saya harus stay FOCUS!!). Alhasil, mimpi saya untuk ke Lombok ini saya masukkan dalam mimpi jangka panjang saya yang memiliki rentang waktu 2 tahun-unlimited. Dalam waktu 2 tahun kedepan dan seterusnya, saya sudah memiliki sederet mimpi yang banyak. Ini beberapa impian jangka panjang saya:

Solo Backpacker ke Lombok

Buat hidupmu bermakna, bagimu dan bagi orang lain di sekitarmu
Source:http://www.cuded.com/2015/09/illustriations-by-pascal-campion/

Karena masih penasaran dengan indahnya pink beach, eksotisme Gili Trawangan sampai bersepeda keliling Lombok sendiri. Kali ini saya memantapkan hati dengan niat dan tekad kuat untuk pergi kesana, setidaknya untuk 3-4 hari saja. Receh demi receh mulai saya kumpulkan untuk grand traveling kali ini dengan alasan tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama di tahun lalu, dimana dompet saya ‘jebol’ untuk keperluan yang tidak penting. Masalah properti traveling, tentu saja saya sudah mulai mencicil satu persatu, Alhamdulillah..semoga diberi rejeki, kesehatan dan waktu hidup lebih lama untuk mewujudkan mimpi saya.

Melanjutkan Master Degree
Source: http://elitedaily.com/life/time-last-year-reflection-one-year-college-graduation/1051087/

Mimpi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi masih menjadi mimpi jangka panjang saya juga. Untuk yang satu ini, saya mulai mempersiapkan segalanya sejak tahun lalu dan kali ini saya ingin benar-benar bersungguh-sungguh untuk memastikan bahwa semuanya well-planned. Mulai dari rencana thesis, universitas yang dituju, hingga rencana setelah lulus menempuh master degree. Keinginan dari dalam diri sih, saya ingin mengambil jurusan yang mungkin melenceng dari jurusan saya saat menempuh Diploma IV dulu (keinginan ini saya bangun semenjak saya menemukan passion saya yang ternyata bukan di bidang yang saya geluti sekarang). Bagi saya, pendidikan yang tinggi bagi perempuan itu penting karena kedepannya perempuan akan menjadi calon ibu yang menjadi madrasah pertama bagi anak-anaknya. 

Mengajar Lagi

Saya suka antusiasme mereka dalam mengikuti pelajaran

Satu sekolahan, kelas 1-6 nya hanya berjumlah 26 murid, tidak lebih
Saya suka mengajar, karena bagi saya seni dalam berbagi ilmu dan membuat orang paham tentang suatu hal itu sangat menarik. Pengalaman mengajar pertama kali pernah saya dapatkan saat saya ikut project PKM teman kuliah saya di SDN Pucuk Gebang Sidoarjo dan selanjutnya saya asah lagi saat menjadi tutor bahasa inggris di salah satu bimbel kecil di Surabaya. Berinteraksi dan berbagi ilmu itu menyenangkan, karena setidaknya apa yang saya miliki atau pelajari tidak hanya mengendap di dalam otak saya saja. Merupakan kebahagiaan tersendiri saat melihat murid saya meraih nilai yang memuaskan dengan jujur dalam mengerjakan ujian. Ya...saya menerapkan nilai kejujuran itu di setiap murid yang saya ajar, termasuk adik saya di rumah. Saya tidak ingin bermuluk-muluk pada orientasi hasil yang gemilang, namun lebih ke proses pembelajaran. 


Karena setiap anak dilahirkan dengan keistimewaan masing-masing, tinggal bagaimana kita mengasah keistimewaan tersebut.

Curiosity, penasaran bagaimana kaca pembesar bisa membakar kertas 
Yah, setidaknya itu salah-tiga dari puluhan impian jangka panjang saya yang ingin sekali saya wujudkan dalam 2 tahun kedepan dan seterusnya. Bulan November 2016 sudah datang dan waktu akan cepat berlalu menuju pergantian tahun, dan apa saja yang sudah saya dapatkan di tahun ini? Apa saja pencapaian saya? Manfaat apa yang bisa saya berikan pada orang-orang di sekitar saya di sepanjang tahun ini? Nanti saya akan rangkum dalam 2016 Biggest Lesson di penghujung tahun 2016. 

Impian jangka pendek, menengah dan jangka panjang selalu saya update setiap harinya. Many obstacle may come in the middle of the journey ahead, I hope I can be stronger and tougher to face it. So...what’s your dream?? Share with me, won’t you??


-xoxo-

6 komentar:

  1. Saya juga mau lanjut master mba, mungkin masuk rencana jangka panjang juga sih. Saya pernah baca kalo kita harus bagi rencana kita ke dalam bentuk kaya gini dan dikasih tau ke orang. Saya doakan tercapai semua ya mba hehe. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak....membagi rencana ke depan dan membandingkan dengan realita untuk mentargetkan waktunya.

      Aamiin...semoga impian mu dan impianku bisa sama-sama terwujud yaah..

      Salam kenal juga :)

      Hapus
  2. kamu pernah ke pucukan? aku dulu seriiiiing. jadi rindu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh???pernah kesana juga mbak?? aku dulu ketemu anak unair juga, mungkin kita masih belum diperkenalkan seperti ini ya.. :D

      Hapus
  3. aamiin mbaaak impiannya tercapai, asiiik kalo ke lombok backpackeran, aku dulu pernah berdua sama mbakku :3 tapi pas itu gili trawangan masih agak sepi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dek, aku sudah baca di blog mu...dan so envy sama kamu yang akhirnya bisa backpackeran kesana...I still saving my money to go there, :D semoga bisa nemu waktu yang pas

      Hapus